Identifikasi peluang dan
seleksi
|
-
Belum maraknya jajanan yang dapat
menjadi oleh-oleh khas Bogor.
-
Talas bogor telah menjadi hasil
bumi khas Bogor sehingga terdapat banyak penawaran akan ubi talas di pasar.
-
Maraknya rasa-rasa baru yang
digemari masyarakat sehingga menimbulkan ide untuk penambahan varian rasa baruyang lebih disukai konsumen
-
Produk Sangkuriang ternyata tidak
hanya digemari oleh masyarakat Bogor, tetapi juga luar Bogor. Hal ini membuat
sangkuriang untuk memperluas jangkauan pasar dengan pemasaran di area
Jabodetabek.
-
Menjadi market leader yang mampu bertahan lama dan dikenal oleh
masyarakat yang lebih luas.
|
Pengembangan
konsep
|
Dalam konsep pengembangannya menjadi market leader dalam usaha brownies
talas, serta produk-produk UMKM secara luas yag berasal dari daerah Bogor dan
sekitarnya.
Penambahan varian
baru yang lebih digemari konsumen dan menghentikan produksi produk yang
kurang digemari konsumen.
|
Pengembangan
|
Sangkuriang memberikan tampilan baru pada kemasan dan desainnya. Dalam
menentukan pengembangannya, terlebih dahulu dilakukan evaluasi terhadap
produk-produk lama dan juga terhadap minat konsumen.
Penambangan varian rasa baru seperti brownies strawberry keju,
brownies coco pandan keju,
brownies chocovila keju,
brownies full talas blueberry,
brownies the hijau keju
dan bronies talas coklat.
|
Launching
|
Pemasaran pertama produk baru tidak
dilakukan secara besar-besaran. Selain itu, sangkuriang juga memberikan diskon delivery kepada para
konsumen pada promo-promo tertentu.
Memberikan diskon di hari tertentu, seperti valentine. Memberikan
undian-undian yang berhadiah serta promosi melalui web, medsos
|
‘Hasil Kuisioner Brand Image Kualitas Terhadap
Produk Sangkuriang, Super Kue, dan Mr. Bronco’
Sangkuriang
|
Super Kue
|
Mr. Bronco
|
|
2 (mutlak buruk)
|
|||
3 (sangat buruk)
|
|||
4 (cukup buruk)
|
|||
5 (sedikit lebih buruk)
|
2
|
1
|
|
6 (biasa)
|
3
|
5
|
|
7 (sedikit lebih baik)
|
4
|
8
|
7
|
8 (cukup baik)
|
5
|
3
|
3
|
9 (sangat baik)
|
6
|
||
10 (mutlak baik)
|
1
|
POSITIONING MAPING
Mr.
Bronco dan Sangkuriang memiliki jumlah variasi produk yang sama yakni 9 produk.
Super kue meiliki variasi produk paling sedikit yakni 7 varian. Menurut
penelitian, Mr. Bronco dan Superkue memiliki kualitas yang sama sedangkan
Sangkuringa memiliki kuiatas paling baik diantara ketiga produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar