Selasa, 23 April 2019

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Hai Gaess.. Untuk postingan hari ini, aku mau ngasih kalian contoh surat lamaran pekerjaan. Ini adalah surat lamaran yang aku tujukan ke PT Mayora dan PT Gendhis Multi Manis-Bulog, meskipun pada akhirnya aku gak kerja disana. Untuk tips aja, jangan hanya ngirim ke satu perusahaan, kirim aja ke banyak perusahaan. Mungkin aja ada yang nyantol dan jodoh hehe. 

Pekerjaan itu kayak jodoh2nya, jadi kalo kalian gak diterima di perusahaan A, jangan berfikir kalo kalian rendah atau goblok banget, itu salah. Kalian gak diterima bisa karena value perusahaan dan kualifikasi pekerjaan emang gak cocok. Mending ditolak diawalkan daripada kecewa pas lagi sayang-sayangnya

Semangat ya Job Seeker :D

Pertama,

Kepada YTH
Human Resource Division PT Mayora Indah Tbk
di PT Mayora Indah Tbk

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari www.jobstreet.co.id mengenai pembukaan program MDP-Accounting di PT Mayora Indah Tbk, saya sangat tertarik untuk mengikuti program tersebut.

Saya Arini Dwi Fikri Hanim, dilahirkan 22 tahun yang lalu di Jember, tepatnya 27 Mei 1996. Saya berasal dari Dusun Krajan I RT.02/RW.05, Desa Ngampelrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun saat ini saya berdomisili di Wisma Fauziah no.114B, RT.02/RW.08, Desa Babakan Tengah, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Saya memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari sesuatu yang baru, dibuktikan dengan IPK S1 sebesar 3.61 (skala 4.00). Selain itu saya juga mampu mengoperasikan komputer baik adapun software terkait adalah ms. office, coreldraw, windows movie maker dan data processing software seperti SPSS.

Selama di perguruan tinggi saya juga menyibukkan diri dengan beberapa kegiatan organisasi seperti yang terinci dalam curriculum vitae, pada organisasi terakhir saya menjabat sebagai Bendahara Umum di Ikatan Mahasiswa dan Alumni (IKALUM) Ponpes Darul Ulum - IPB. Kegiatan organisasi tersebut memberikan saya banyak pengalaman dalam mengatur keuangan organisasi, berinteraksi dengan pimpinan, rekanan maupun bawahan, selain itu juga mengasah leadership serta soft skill berkomunikasi dengan orang lain.

Selain berorganisasi, saya juga terlibat dalam beberapa kompetisi seperti Participant National Fellowship Camp 2018 oleh World Merit Indonesia, Semifinalis Business Plan Competition pada Management Fair 2017, juara 2 lomba penulisan blog Kebun Raya Bogor 2016 dan peserta Marketing Debate Competition Perbanas 2016. Saya juga menerima dua beasiswa selama masa perkuliahan yang berasal dari LOTTE Foundation dan Goodwill Foundation. Saya aktif mengikuti event dan pelatihan yang diadakan oleh penyelenggara beasiswa. Pengalaman tersebut memberikan kesempatan kepada saya untuk mengasah kemampuan analytical thinking dan menambah pengetahuan diberbagai bidang dan sumber.

Saya juga telah menjalani internship pada Unit Umum dan CSR di PT Pembangkitan Jawa Bali UP Muara Tawar, Bekasi selama satu bulan. Saya dan 6 orang teman saya mengembangkan dan membantu beberapa UMKM binaan PT PJB UP Muara Tawar dalam mengatur keuangan melalui sosialisasi program Si Apik (Aplikasi Keuangan untuk UMKM). Magang tersebut meningkatkan pengetahuan akan akuntansi dan keuangan perusahaan serta meningkatkan kepekaan akan mengatasi masalah yang terjadi dalam dunia pekerjaan khususnya keuangan.

Kombinasi dari pengalaman dan background pendidikan saya membuat saya berani untuk mendaftar sebagai kandidat MDP - Accounting, sebagai bahan pertimbangan saya telah mengisi informasi pada http://www.mayoraindah.co.id/karir/lowongan/ dengan sebenar-benarnya, bersedia memberikan dokumen tambahan dan mengikuti tes serta wawancara apabila diminta. Sebagai bentuk komitmen saya kepada perusahaan maka jika nanti saya diterima saya bersedia menyerahkan ijazah asli selama menjalani ikatan dinas, bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja PT Mayora Indah Tbk, dan bersedia menjalani ikatan dinas selama 3 tahun.

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi hingga diterima di PT Mayora Indah Tbk dan tumbuh menjadi profesional muda yang melayani jutaan masyarakat Indonesia dalam industri Fast Moving Consumer Goods.



Hormat Saya
Arini Dwi Fikri Hanim.



Kedua,


Bogor, 22 November 2018

Perihal             : Lamaran Pekerjaan
Lampiran         : 10 Lembar

Kepada YTH
Human Resource Division PT Gendhis Multi Manis
di Jalan Kunduran-Todanan KM 7 Ds. Tinapan,
Kec. Todanan Kab. Blora, Jawa Tengah


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari website mengenai pembukaan lowongan bidang S1 Ekonomi (KEU) di PT Gendhis Multi Manis-Bulog, saya berminat untuk dapat mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Berikut data diri saya :
Nama                           : Arini Dwi Fikri Hanim, SE
Tempat, tanggal lahir  : Jember, 27 Mei 1996
Jenis kelamin               : Perempuan
Pendidikan Terakhir    : S-1 Manajemen
Alamat                       : Wisma Fauziah No.114B, Jalan Babakan Tengah, Kelurahan  Babakan, Kecamatan Dramaga, Bogor
Nomor telepon            : 0857749****

Saya merupakan fresh graduate dari Institut Pertanian Bogor Jurusan Manajemen dengan nilai IPK sebesar 3.60 (skala 4.00). Fokus skripsi saya adalah keuangan. Saya mampu mengoperasikan komputer baik adapun software terkait adalah ms. office, coreldraw, windows movie maker dan data processing software seperti SPSS. Saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim, mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Latar belakang pendidikan dan organisasi saya cukup memuaskan dan saya yakin dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan pas foto berwarna, fotocopy KTP, CV, fotocopy ijasah, fotocopy transkrip nilai, fotocopy sertifikat TOEFL, fotocopy SKCK, fotocopy KK, dan fotocopy akta kelahiran. Saya bersedia memberikan dokumen tambahan dan mengikuti tes serta wawancara apabila diminta.

Demikian surat lamaran kerja saya sampaikan, saya berharap dapat bergabung dengan PT Gendhis Multi Manis dan tumbuh menjadi profesional muda yang melayani jutaan masyarakat dalam industri gula.

Hormat Saya 


Arini Dwi Fikri Hanim


Terserah kalian mau ngikutin yang mana. jangan lupa dilampirkan berkas lain juga seperti FC KTP, Ijasah, CV dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar