Kamis, 21 April 2016

JURUS JITU MEMPERINGATI HARI BUMI ALA SOBAT BUMI



Hai Sobat Bumi!. Apa kabar kamu Hari ini? Apakah kalian tahu tentang tanggal 22 April 2016? Yap benar! Itu adalah Hari Bumi. Setelah ini Aku akan mengulas seputar pemahaman tentang Bumi,  Hari Bumi dan Kebun Raya Bogor. Penasaran kan, apa kaitannya? Yuk baca yuk..



Sudah kenalkah anda dengan Bumi?
Bumi adalah sahabat yang paling dekat dengan kita tapi keberadaannya sering diacuhkan dan dilupakan. Sobat kita ini umurnya lebih dari  4,54 miliar tahun. Sudah tua bukan? Yap Bumi sudah tua jadi sudah seharusnya kira merawat dan menjaganya J.
Secara tidak sadar kita sering menyakiti Bumi. Hampir seluruh aktivitas kita menghasilkan emisi yang membuat Bumi sesak dan kesakitan, seperti polusi udara, emisi gas rumah kaca, pengeboran, dan sebagainya. Segala aktivitas tersebut akhirnya berdampak pada kita sendiri seperti suhu Bumi yang semakin panas, naiknya permukaan air laut, dan punahnya satwa-satwa.


Apakah Hari Bumi Itu?
Apakah Hari Bumi adalah Hari ulang tahun Bumi? Mungkin. Hari Bumi merupakan Hari pengamatan tentang Bumi yang diperingati secara internasional setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Hari Bumi ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu Bumi.
Sayang sekali Hari Bumi nampaknya belum diperingati secara luas dan umum. Di Indonesia, Hari Bumi kebanyakan hanya diperingati oleh aktivis-aktivis atau organisasi-organisasi yang berbasis lingkungan. Perlu adanya publikasi besar-besaran mengenai Hari Bumi agar masyarakat luas semakin tahun tentang keadaan dan kondisi Bumi saat ini sehingga meningkatkan kesadaran mereka untuk lebih merawat Bumi. 

Bagaimana Cara Memperingati Hari Bumi?
Banyak cara untuk memperingati Hari Bumi. Salah satu cara yang asyik dan menyenangkan dalam memperingati Hari Bumi adalah mengunjungi Kebun Raya. Kenapa? Karena dengan mengunjungi kebun raya berarti kita telah berperan aktif dalam pelestarian Bumi. Semakin banyak pengunjung hutan maka pengadaan tempat rekreasi seperti kebun raya akan semakin digiatkan. Kebun raya akan semakin luas dan terawat dengan baik. Daripada rekreasi ke mall yang tidak memiliki dampak positif Bumi, mending ke kebun raya lebih asri, rindang dan nyaman. Salah satu kebun raya yang sudah berdiri sejak lama dan menjadi ikon indonesia adalah Kebun Raya bogor.


Apa sih yang kamu ketahui tentang Kebun Raya Bogor?
Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di jantung Kota Bogor, Indonesia. Kebun ini juga merupakan kebun raya yang paling lebat di Indonesia. Luas KRB  mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. WAW!! Gak salah kalo turis-turis mancanegara kesini ya.
Banyak sekali manfaatnya jika kita berkunjung ke KRB. Pertama, kita dapat menikmati suasana asri, sejuk dan rindang. Suasana seperti ini yang sangat jarang ditemui di kota. Pengunjung dapat menghilangkan stress setelah lelah bekerja. Tempat ini cocok sekali menjadi tempat rekreasi dan liburan bagi keluarga, sahabat, maupun rekan kerja. Kedua, dengan mengunjungi KRB, kita juga dapat sekalian belajar mengenai ilmu flora dan fauna. Sebagian besar pohon-pohon telah diberi informasi sehingga kita dapat langsung mengetahui informasi atau identitas pohon. Disana juga terdapat museum yang menyediakan berbagai macam awetan satwa. Kita dapat mengetahui bentuk dan rupa satwa-satwa yang punah dan terancam punah. Ketiga, tiket masuk KRB sangat terjangkau. Setiap satu wisatawan di beri tarif Rp. 15000. Keempat, lokasi sangat mudah dijangkau. KRB terletak di Jalan Ir. Haji Juanda No.13, Indonesia. lokasi tersebut berada di tengah kota bogor. Banyak sekali angkutan umum yang melewati KRB. Angkot yang dipergunakan untuk menuju Kebun Raya Bogor yaitu 02 dan 03 Merah. Pintu yang dicapai adalah Pintu 3 di depan Pangrango Plaza dan Pintu 4 di depan Kampus IPB di Jalan Pajajaran. Nah.. pintu-pintu itu langsung masuk KRB. Kelima, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pohon di Bumi. Dengan melihat banyaknya pohon di KRB, maka masyarakat diharapkan semakin sadar akan pentingnya tumbuhan bagi keberlangsungan Bumi. Pohon-pohon tidak dapat tumbuh dengan sendiri. Mereka butuh campur tangan manusia untuk hidup dan terawat khususnya di daerah perkotaan. Keenam, dengan membayar tiket masuk KRB berarti kita telah ikut serta dalam pelestarian dan perawatan pohon-pohon di Bumi khususnya di KRB J


Website Terkait :krbogor.lipi.go.id

Sumber Foto :




 


16 komentar:

  1. keren himbauannya untuk berkunjung ke KRB, tp agak ditambah dikit gimana menjadi pengunjung/ wisatawan yang menjungjung tinggi kepedulian kepada bumi. good article, sukaaa

    BalasHapus
  2. berkunjung juga ke http://viedelaak.blogspot.co.id/ ya cantik hehe

    BalasHapus
  3. Wah, jadi ingin sekali ke KRB

    BalasHapus
  4. Jadilah #turisKCERDAS walaupun sekedar main ke KRB.

    BalasHapus
  5. Bagus sekali artikelnya, mengingatkan akan keselamatan bumi sekaligus mempromosikan KRB :)

    BalasHapus
  6. Nice, mudah dipahami dan menarik

    BalasHapus
  7. Jadi tertarik main ke KRB nih

    BalasHapus
  8. Bahasanya ringan, bagus buat ngajak pembaca ke krb

    BalasHapus
  9. Rugi jalan ke bogor ga ke KRB 😊

    BalasHapus
  10. Menarik dan berwawasan kakak artikelnya..jadi tahu penting dan caranya menjaga bumi kita ini..

    BalasHapus
  11. Menarik dan berwawasan kakak artikelnya..jadi tahu penting dan caranya menjaga bumi kita ini..

    BalasHapus