OMPU MONANG
NAPITUPULU INGIN SEDERHANAKAN BUDAYA BATAK
Unsur
|
Idiil
|
Aktivitas
|
Fisik
|
Bahasa
|
Orang batak itu ceplas-ceplos dan senang menyanyi
|
Pemasangan iklan oleh Parbato atau Pertungkoan Batak Toba
|
Iklan pada surat kabar di Medan
Bahasa sub etnik toba
|
Sistem Teknologi
|
-
|
Kini hadir pembuatan ulos dengan menggunakan mesin
|
Mesin pembuat ulos dan Kain ulos buatan mesin
|
Sistem Ekonomi
|
Sisi negative kekerabatan Batak Toba menurut Ompu Monang adalah
penghamburan uang.
Terjadi inflasi kain ulos di Tanah Batak
|
Setiap orang memberi sehelai kain ulos kepada mempelai
Pembangunan makam yang mahal sebagai gengsi antar keluarga
|
Kain ulos dan makam
|
Organisasi Sosial
|
Kehangatan kekerabatan dlam budaya batak bukan Cuma soal nama.
|
Seminar untuk membahas penyelewengan adat batak Toba
Ajakan untuk mengusir Batak
Toba untuk mengusir perusahaan yang merusak lingkungan Bona Pasogit di
surat kabr
|
Parbato atau pertungkoan batak toba
|
Sistem Pengetahuan
|
Tanggung jawab Pendidikan menjadi tanggung jawab kolektif.
|
Jika ada anak Batak Toba yang telantar, pasti ada sanak family
yang menampung, merawat dan memberi pendidikan kepadanya
|
Jarang sekali ada anak Batak Toba yang terlantar
Jumlah dokter sub-etnis Batak Toba paling banyak di dunia
|
Kesenian
|
Nama adalah cara khas di Batak untuk mengungkapkan kecintaannya
kepada keluarga
Dulu, kain ulos merupakan suatu yang sangat khas dan tidak
sembarang orang mendapatkannya
|
Pada sebuah upacara pernikahan, pasti ada acara pengulosan.
Dalam pesta kawin, ada acara pemberian nasihat
|
Daniel Napitulu mengganti nama menjadi Ompu Monang setelah
kelahiran cucu pertamanya.
Kain ulos (kain khas suku batak toba)
|
Sistem Religi
|
|
|
|
Kehidupan
suku dayak kenyah dan modang dewasa ini
Unsur
|
Idiil
|
Aktivitas
|
Fisik
|
Bahasa
|
|
tulisan penulis yang berisi kondisi suku
Dayak ditujukan untuk pembaca
orang tua membongkar nostalgia terhadapa
nilai2 yang tersimpan pada pantun dan cerita histori
|
pantun dan cerita historis
|
Sistem Teknologi
|
|
Transportasi ke kota yang susah
menyebabkan pelemparan hasil pertanian bergantung pada perahu pedagang
|
lamin
Kaset,jam tangan, mesin jahit, radio,
tape recorder dll
Mesin penggiling padi.
|
Sistem ekonomi
|
Suku kutai, bugis dan toraja menguasai
arus perekonomian suku dayak
|
Suku kutai, bugis dan toraja membeli
hasil pertanian, ,menentukan harga pasar,dan menggunakan taktik barter
Warung pendatang menggunakan sistem ijon
|
Padi dan uang
Perahu
warung
|
Organisasi social
|
Tanggalnya sebuah roda kehidupan
menggerakkan seluruh sistem nilai suku dayak
|
Sekolah, balai pengobatan, lembaga social
desa didirikan hampir disetiap kampong
Hubungan antara suku bangsa
Munculnya penguasa2 hutam(pemilik HPH)
|
Sekolah, balai pengobatan, lembaga social
desa,
Suku dayak kenyah, suku modang,suku
kutai, suku dayakumak tau, suku bugis dan suku toraja
|
Sistem pengetahuan
|
Pendidikan formal yang disarankan
pemerintah dan swasta menjadi supra struktur yang belum kaitan langsung
dengan penunjang kehidupan
|
putusnya kontinuitas pendidikan di daerah
mengharuskan penduduk menyekolahkan anaksnya di kota
|
sekolah
|
Kesenian
|
Kesenian dalam masyarakat suku dayak dan
kenyah tidak bisa dilepaskan dari konteks gerak kehidupan sehari-hari
Akibat yang mendasar dari sedentralisasi
adalah kesenian menjadi terpisah dari kehidupan sehari-hari
|
Orang orang muda lebih menyukai kesenian
kota dari pada kesenian tradisional
|
kaset
|
Sistem religi
|
Keinginan manusia untuk memeluk agama
|
Masuknya misionsris masyarakat yang
membawa agama kristiani
Mereka yang memeluk agama baru akhirnya
mengambil keputusan untuk meninggalkan daerah asalnya
|
Agama Kristen
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar