Sabtu, 03 Januari 2015

PENTINGNYA GREEN ECONOMY UNTUK MASYARAKAT EKONOMI



PENTINGNYA GREEN ECONOMY UNTUK MASYARAKAT EKONOMI

Jumlah penduduk yang semakin banyak  mengakibatkan bertambahnya kebutuhan manusia akan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Manusia tidak dapat dipisahkan dari transaksi jual beli sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, manusia memanfaatkan lingkungan secara besar-besaran. Kegiatan penebangan pohon, pengeboman laut dan sebagainya telah sering dilakukan di dunia nyata. pertumbuhan ekonomi ternyata diikuti oleh penurunan kualitas lingkungan yang sangat parah.
Selain kerusakan lingkungan yang berupa sumber daya, kerusakan lingkungan seperti efek rumah kaca juga semakin meningkat. Hal ini membuat bumi semakin panas dan semakin tidak nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu, manusia sebagai makhluk yang memiki akal harus berusaha untuk melestarikan bumi dan membuat bumi nyaman dan aman untuk ditinggali.
Dewasa ini, konsumen semakin sadar akan akibat perubahan iklim dan menurunnya kualitas lingkungan hidup sehingga semakin banyak permintaan  atas produk-produk yang menerapkan prinsip-prinsip green economy. konsumen tidak keberatan untuk membayar lebih mahal dari produk yang tidak menerapkan prinsip green economy.
Ekonomi Hijau/Green Economy merupakan  perekonomian yang tidak merugikan lingkungan hidup dan mampu meningkatkan kesejahteraan sosial. Perekonomian seperti itu dapat mengurangi atau memperbaiki kerusakan lingkungan, sekaligus mengurangi dan membantu adaptasi terhadap perubahan iklim. Pandangan ini mengimbau agar para pelaku ekonomi bukan hanya memaksimalkan keuntungan semata, tetapi juga harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat serta turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.
IUCN (The International Union for Conservation of Nature) menunjukkan bahwa transisi ekonomi berbasis alam Hijau harus membangun tiga pilar fundamental. Pertama,  pengelolan ekosistem dan keanekaragaman hayati untuk membangun ketahanan, IUCN percaya bahwa ekosistem yang sehat merupakan fondasi ekonomi tangguh dan benar-benar berkelanjutan. Kedua, pengutamaan nilai ekosistem dalam ekonomi, IUCN menekankan perlunya mengubah akuntansi dan kerangka kerja perencanaan saat ini, untuk memastikan bahwa nilai-nilai ekosistem tercermin dalam keputusan ekonomi dan kebijakan. Ketiga, pengembangan model pemerintahan yang tepat untuk Ekonimi Hijau, IUCN percaya itu adalah penting bahwa transisi ekonomi hijau harus didasarkan pada prinsip-prinsip tata pemerintahan yang kuat, yaitu akses terhadap informasi, partisipasi publik dan keputusan horisontal keputusan yang semuanya penting untuk Ekonomi Hijau untuk menjadi adil dan efektif.

Penerapan green economy memerlukan kesadaran dari setiap individu untuk melakukannya. Sebagai masyarakat ekonomi, salah satu contoh dari kegiatan green economy adalah membeli produk-produk ramah lingkungan. selain itu, kita juga harus  mengetahui  pentingnya lingkungan bagi kehidupan. green economy juga dapat dilakukan dengan pembatasan pengeksploitasian sumber daya alam. Untuk mengantisipasi berkurangnya energi dari alam, dapat dilakukan dengan mengoptimalkan bentuk-bentuk penemuan baru yang lebih menghemat energi. Pada intinya, menerapkan ekonomi hijau dalam kehidupan sehari-hari sangat membantu perwujudan lingkungan yang lebih baik untuk masa depan generasi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar