Senin, 17 Juli 2017

MK. Pemasaran Sosial PROGRAM NASIONAL EDUKASI TEKANAN DARAH TINGGI (The National High Blood Pressure Program/NHBPEP)



Latar Belakang
Penyakit tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di negara Amerika. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Rendahnya kesadaran masyarakat Amerika untuk menjaga kesehatan dan melakukan gaya hidup sehat juga berperan dalam meningkatnya penyakit tekanan darah tinggi. Tingkat  pengetahuan masyarakat mengenai penyakit tekanan darah tinggi masih rendah. Masyarakat belum menyadari pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi.
Oleh karena itu, The National High Blood Pressure Education Program (NHBPEP) bekerja sama dengan departemen kesehatan negara memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dari penyakit tekanan darah tinggi.
Pelaku
NHBPEP (The National High Blood Pressure Education Program) dilakukan oleh lembaga kesehatan profesional dan sukarela, departemen kesehatan negara dan kelompok masyarakat yang dikoordinasikan oleh the National Heart, Lung and Blood Institute of the National Institute of Health.
Permasalahan
Tingkat kematian yang tinggi akibat stroke dan serangan jantung. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya stroke dan serangan jantung adalah tekanan darah tinggi. Satu dari empat orang dewasa di Amerika memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Bahkan tekanan darah tinggi berperan dalam sekitar 700.000 kematian per tahun dari stroke dan penyakit jantung dan ginjal.
Tingkat pengetahuan mengenai penyakit darah tinggi masih rendah. Pada tahun program ini dimulai, kurang dari seperempat populasi Amerika tahu tentang hubungan antara hipertensi, stroke dan penyakit jantung. Bahkan sekitar seperempat dari 50 miliar orang Amerika dewasa memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan kurang dari 30% mereka mengontrol kondisi mereka. Hal ini diperkirakan karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai bahaya penyakit darah tinggi.
Tujuan
Tujuan utama dari program NHBPEP yaitu untuk mengurangi kematian dan kecacatan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Adapun tujuan lain dari program tersebut yaitu untuk mendiagnosa dan mengontrol tekanan darah tinggi termasuk enam perilaku seperti, jika seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi maka harus rutin melakukan pemeriksaan dan dapat dikatakan normal apabila mencapai tingkat 120/80 mm Hg.
Selain itu jika seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi diharuskan mengikuti gaya hidup yang sehat serta pengobatan yang dianjurkan, diantaranya menurunkan berat badan jika orang tersebut memiliki kelebihan berat badan, aktif dalam hal fisik, pilih makanan yang rendah garam dan sodium, membatasi asupan alkohol, serta mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi.
Sasaran
Sasaran dari program NHBPEP tersebut diantaranya adalah orang dewasa Amerika yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu ada pula sasaran lainnya seperti perempuan yang mengkonsumsi pil KB, para orang tua, orang yang mempunyai penyakit diabetes, serta orang yang mempunyai penyakit kolestrol.
Lokasi
·         klinik kesehatan,
·         pusat kesehatan masyarakat,
·         kantor dokter,
·         mal,
·         rumah.
Waktu
Tidak ada
Strategi yang Digunakan
Strategi yang digunakan yaitu:
·         Produk
Program NHBPEP dirancang untuk mempromosikan enam perilaku yang disebutkan sebelumnya dalam hal ini deskripsi kasus, bersama dengan orang lain yang relevan dengan misi program mereka.
Dalam model pemasaran sosial, kita telah mengidentifikasi perilaku ini sebagai produk kami. Beberapa program pemasaran sosial mungkin mencakup layanan mempromosikan dan benda-benda nyata, digambarkan dalam hal ini oleh promosi instrumen monitoring rumah. manajer program dan perencana membedakan antara produk (dalam hal ini, enam perilaku yang diinginkan) dan positioning produk (manfaat puas jika target pelanggan mengadopsi perilaku sasaran). strategi positioning dikembangkan untuk kemudian membujuk target segmen bahwa manfaat ini sama atau lebih besar daripada manfaat dari perilaku mereka saat ini.
·         Harga
Materi program mengatasi masalah umum dengan pesan yang mencerminkan pemahaman tentang biaya yang dirasakan mengadopsi perilaku yang diinginkan (biaya masuk) dan meninggalkan yang sekarang (biaya keluar).
- "Anda tidak harus membuat semua perubahan segera. Kuncinya adalah fokus pada satu atau dua pada satu waktu. Setelah mereka menjadi bagian dari rutinitas normal Anda, Anda dapat pergi ke perubahan berikutnya. Kadang-kadang, satu perubahan mengarah secara alami ke yang lain. Misalnya, meningkatkan aktivitas fisik akan membantu Anda menurunkan berat badan. "
- "Anda dapat melacak tekanan darah Anda di luar kantor dokter Anda dengan mengambil itu di rumah."
- "Anda tidak harus menjalankan maraton untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas fisik. Setiap kegiatan, jika dilakukan minimal 30 menit sehari selama hampir setiap hari, dapat membantu. "
·         Tempat
Tempat yang dipilih untuk membuatnya mudah bagi orang untuk memonitor tekanan darah mereka, seperti klinik kesehatan, pusat kesehatan masyarakat, kantor dokter, mal, dan bahkan di rumah.
·         Promosi
Pesan kunci berfokus pada peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mengetahui tekanan darah Anda dan manfaat berikut perubahan gaya hidup yang direkomendasikan. saluran media telah dimasukkan berikut:
- Fakta lembar, pamflet, dan brosur dengan rekomendasi untuk mengelola tekanan darah tinggi yang avalailable dari penyedia layanan kesehatan, melalui surat, dan melalui internet
- Materi pendidikan profesional yang memberikan pedoman untuk dokter
- Situs web yang mencakup diet dan resep informasi yang sehat dan tips tentang cara untuk mencapai berat badan yang sehat,
- Sebuah nomor bebas pulsa yang menyediakan informasi yang direkam tentang tekanan pencegahan darah tinggi dan control.
- Bahan khusus yang disiapkan untuk populasi berisiko tinggi, antara lain:
1. panduan informasi Perempuan tentang cara untuk menurunkan tekanan darah
2. booklet khusus untuk Latin dan Afrika Amerika
- Media massa yang mencakup iklan cetak, radio, dan poster
- Acara-acara khusus yang diselenggarakan, termasuk tahunan "Mei adalah Tekanan Darah Tinggi Bulan Pendidikan"
Evaluasi dalam Artikel
Dari hasil survei terhadap tekanan darah menunjukkan pengurangan 10 mm Hg tekanan sistolik dan 5 mm Hg diastolik selama periode ini. Hal ini menurun luar biasa dan menunjukkan bahwa populasi masyarakat di Amerika Serikat telah mendengarkan dan melakukan pesan yang disampaikan NHBPEP. Hal yang lebih penting, penurunan rata-rata tekanan darah yang signifikan ini telah menyebabkan penurunan yang signifikan terhadap angka kematian akibat penyakit jantung dan stroke.
            Pada bulan Januari 2000, departemen kesehatan dan pelayanan manusia meluncurkan program Healthy People 2010, promosi kesehatan nasional dan pencegahan penyakit bekerjasama dengan pemerintah nasional, negara, dan lembaga pemerintah daerah; nirlaba, sukarela, dan profesional organisasi; bisnis; masyarakat; dan individu untuk meningkatkan kesehatan semua orang Amerika, menghilangkan kesenjangan dalam kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup sehat. NHBPEP mengangkat program “Healthy People 2010” dengan tujuan untuk mengurangi angka kematian akibat hipertensi.
Evaluasi dari kelompok
1.    Evaluasi dan rekomendasi dari komponen-komponen yang ada
Evaluasi dari program yang dilakukan sudah cukup berhasil karena dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk program ini adalah sasaran program ini dapat diperluas lagi, tidak hanya orang dewasa tetapi bisa juga remaja. Remaja di Amerika masih memiliki gaya hidup yang kurang baik. Selain itu, tujuan dari program tersebut juga sudah baik tetapi agar lebih baik disarankan agar tujuan dapat diperluas, tidak hanya yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi saja.  

2.    Evaluasi dan rekomendasi dari komponen-komponen yang tidak ada
Evaluasi dari komponen yang tidak ada adalah waktu. Dalam artikel ini, waktu yang digunakan untuk menjalankan program ini tidak dijelaskan. Sehingga tidak dapat diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat keberhasilan dari program ini. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu sebaiknya waktu untuk melaksanakan program ini sehingga dapat berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar