Senin, 17 Juli 2017

SANGKURIANG


Identifikasi peluang dan seleksi
-          Belum maraknya jajanan yang dapat menjadi oleh-oleh khas Bogor.
-          Talas bogor telah menjadi hasil bumi khas Bogor sehingga terdapat banyak penawaran akan ubi talas di pasar.
-          Maraknya rasa-rasa baru yang digemari masyarakat sehingga menimbulkan ide untuk penambahan varian rasa baruyang lebih disukai konsumen
-          Produk Sangkuriang ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Bogor, tetapi juga luar Bogor. Hal ini membuat sangkuriang untuk memperluas jangkauan pasar dengan pemasaran di area Jabodetabek.
-          Menjadi market leader yang mampu bertahan lama dan dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.
Pengembangan konsep
Dalam konsep pengembangannya menjadi market leader dalam usaha brownies talas, serta produk-produk UMKM secara luas yag berasal dari daerah Bogor dan sekitarnya.
Penambahan varian baru yang lebih digemari konsumen dan menghentikan produksi produk yang kurang digemari konsumen.
Pengembangan
Sangkuriang memberikan tampilan baru pada kemasan dan desainnya. Dalam menentukan pengembangannya, terlebih dahulu dilakukan evaluasi terhadap produk-produk lama dan juga terhadap minat konsumen.
Penambangan varian rasa baru seperti brownies strawberry keju, brownies coco pandan keju, brownies chocovila keju, brownies full talas blueberry, brownies the hijau keju dan bronies talas coklat.

Launching
Pemasaran pertama produk baru tidak dilakukan secara besar-besaran. Selain itu, sangkuriang juga memberikan diskon delivery kepada para konsumen pada promo-promo tertentu.  Memberikan diskon di hari tertentu, seperti valentine. Memberikan undian-undian yang berhadiah serta promosi melalui web, medsos





 ‘Hasil Kuisioner Brand Image Kualitas Terhadap Produk Sangkuriang, Super Kue, dan Mr. Bronco’

Sangkuriang
Super Kue
Mr. Bronco
2 (mutlak buruk)



3 (sangat buruk)



4 (cukup buruk)



5 (sedikit lebih buruk)

2
1
6 (biasa)

3
5
7 (sedikit lebih baik)
4
8
7
8 (cukup baik)
5
3
3
9 (sangat baik)
6


10 (mutlak baik)
1



POSITIONING MAPING
 
Mr. Bronco dan Sangkuriang memiliki jumlah variasi produk yang sama yakni 9 produk. Super kue meiliki variasi produk paling sedikit yakni 7 varian. Menurut penelitian, Mr. Bronco dan Superkue memiliki kualitas yang sama sedangkan Sangkuringa memiliki kuiatas paling baik diantara ketiga produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar